PANGGILAN KETIKA TIDUR

Posted: February 16, 2011 in Embun Taushiyah

 

Ditulis di Padang, 2002

Penampilan Indra begitu prima sore ini. Di lapangan hijau milik Old Trafold itu, ia yang sebagai play maker klub Manchaster United – menggantikan Veron yang sudah habis kontraknya – bermain begitu cemerlang dengan lima assistnya membuahkan gol semuanya.

Dan kali ini, ia mendapat kesempatan untuk melakukan tendangan bebas setelah Nistelrooy diganjal lima meter di depan kotak penalty. Ia sudah bersiap, di dampingi Beckham dan Giggs. Ia menghirup nafas, berlari, dan… BUK… sebuah tendangan ia lepaskan melewati pagar betis, meliuk, dan Gooolll….

Buffon tidak dapat menepis tendangan yang lebih hebat dari tendangan Tsubasa itu.

Penonton mulai mengelu-elukan Indra…

“Indra… Indra… Indra..”

Dalam pada itu, Indra mendengar sebuah sorakan yang nadanya agak beda.

“Indraaa…”

Alam bawah sadar Indra mencoba mengenali suara itu.

“Indraa….”

“Ya ampun, itu suara ibu kos. Saya harus bangun.” Begitu batin Indra dalam tidurnya.

“Indraaa…”

“Iya Maaaa…”

“Ada telepon dari Ibu mu.”

“Baik ma.”

Indra yang sudah sadar itu kemudian melangkah menuju ruang tengah untuk kemudian menyambut telepon dari ibunya.

Usai menelepon, Ibu kos Indra bertanya kepadanya.

“Kamu udah sholat subuh belum?”

“Belum Ma.”

“Lho, emang nggak ngedenger adzan?”

“Nggak ma. Saya kalo tidur kaya kebo deh. Nggak kepengaruh dengan yang laen.”

“Ah kamu. Udah sholat sana.”

Rekan muda, akui deh, di antara rekan muda yang mengunjungi situs ini, insya Allah ada kan yang pernah mengalami cerita yang mirip-mirip Indra? Ayo ngakuuu…

Mengapa Indra bisa mendengar panggilan ibu kosnya sedangkan panggilan adzan yang cukup kuat tidak terdengar olehnya? Apakah benar Indra itu tidurnya seperti kebo?

Sebenarnya, alam bawah sadar Indra mendengar kedua suara itu, ya panggilan adzan dan panggilan ibunya. Hanya saja dalam keadaan sadarnya, Indra sudah terbiasa cuek dengan panggilan adzan. Sedangkan dengan ibu kosnya, Indra begitu segannya sehingga ia selalu memenuhi setiap panggilan ibu kosnya.

Setujukah rekan muda dengan Indra? Indra adalah cermin bagi kita. Dalam keseharian, ada saja yang kita posisikan lebih tinggi dari Allah dalam benak kita. Kalau tidak piala dunia, ujian, game, dan sebagainya. Kadang-kadang panggilan Allah melalui muadzin untuk menyuruh kita sholat aja kita sambut setengah-setengah. Sedangkan begitu Italia bermain, wah kita buru-buru mengejarnya.

Sehingganya yang terjadi adalah alam bawah sadar kita ketika kita tidur, tidak menyambut panggilan adzan itu. Wajar saja kalau tidurnya kesiangan.

WaLlahu’alam bishshowab.

Comments
  1. Saiful ghozi says:

    memang..,sholat subuh adalah yang paling menguji istiqamahnya ibadah sholat…

  2. advertiyha says:

    Bener banget,, subuh itu banyak banget godaannya, dan pasti sering kena penyakit malesnya,,🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s