Bersyukurlah

Posted: June 9, 2007 in Embun Taushiyah

Rekan muda, setiap manusia selalu berada pada nikmat yang harus disyukurinya, serta dosa yang harus dia mintakan ampunan kepada Allah. Dalam satu detik, entah berapa banyak nikmat yang harus kita syukuri. Dalam keadaan bersamaan itu, kita diberi nikmat penglihatan oleh Allah, kita diberi nikmat pendengaran, diberi nikmat mengalirnya aliran darah, nafas, detak jantung yang normal, otak yang mencerna, dll. Dari semua itu, adakah salah satunya saja yang secara bersamaan kita syukuri keberadaannya?

Rekan muda, takutlah akan keadaan tak mampunya kita bersyukur kepada Allah. Takutlah kita akan keadaan tak peduli dengan rasa syukur. Cirinya adalah ketika hati kita tak tersentuh, bahkan merasa bosan dengan apa yang diucapkan oleh khotib-khotib di mimbar ketika sholat jum’at atau apa yang diucapkan oleh orang yang sedang mengisi suatu rapat atau kultum, ketika mereka mengucapkan “Marilah kita mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan.” Apabila di hati kita terucap, “ah bosen, itu-itu mlulu yang diulang,” maka bisa jadi itu adalah pertanda bahwa hati kita sudah tidak peka lagi dengan rasa bersyukur. Atau kita memang selama ini tidak peduli dengan rasa syukur.

Banyak yang bisa kita syukuri, dan semua itu pasti akan dipertanggung jawabkan kepada Allah swt. Menurut pendistribusiannya, ada dua macam nikmat yang diberikan oleh Allah kepada manusia: Nikmat yang diberikan bagi manusia secara general, dan nikmat yang diberikan secara khusus untuk kita seorang.

Begitu banyak Allah ceritakan tentang nikmat-nikmat yang diberikannya kepada manusia, dan manusia sering lalai dalam mensyukurinya. Dengarlah apa yang Allah katakan dalam surat ‘abasa 24-32:

“Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. Sesungguhnya Kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit), kemudia Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu Kami tumbuhkan biji-bijian dari bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, Zaitu dan pohon kurma, kebun-kebun (yang) lebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan, untuk kesenanganmu dan untuk binatang ternakmu.”

Rekan muda, perhatikanlah nikmat Allah yang sudah sering kita dengar ini, namun jarang kita tersentuh untuk mensyukurinya, mendiskusikannya dalam hati kita, hingga ketika sujud kita pun menangis merenungi keberadaan ini semua. Itu semua hanya salah satu contoh nikmat untuk manusia yang telah Allah bicarakan dalam Al-Qur’an.

Atau seperti yang ada dalam lagu Tasya, yang isinya menceritakan bersyukurnya Tasya karena ketika ia bangun tidur, diberikannya mentari agar ia dapat melihat keindahannya yang ia hamparkan untuk umat manusia. Ketika malam diberikannya rembulan agar ia bisa tidur dengan nyaman. Sungguh, lagu itu sebenarnya bisa memerahkan muka kita di hadapan Allah, karena kita tak pernah tersadar akan pentingnya dua ciptaan Allah tersebut. Yang ada hanyalah kita hanya menikmati dan menikmati tanpa ada rasa bertanggung jawab untuk mensyukurinya.

Lalu nikmat yang khusus untuk kita. Coba lihat pemuda sekeliling kita. Apakah mereka sudah tersentuh hidayah seperti kita? Seberapa besar kita merasakan nikmatnya hidayah ini? Bahkan bersyukurlah untuk membuka situs ini, karena itu adalah sebuah nikmat dari Allah agar kita berada dalam lingkungan yang baik-baik.

Sekali lagi renungkan, apa-apa yang kita miliki dan tidak dimiliki oleh orang lain. Itu semua adalah nikmat dari Allah. Sehingganya kita tidak lagi merasa rendah diri dan merasa diperlakukan tidak adil oleh Allah, melihat orang lain memiliki keistimewaan-keistimewaan yang tidak kita miliki.

Rekan muda, bersyukurlah! Ketika sholat, agendakan bahwa sholat kita kali ini adalah dalam rangka mensyukuri nikmat-nikmat itu semua. Bawa dalam sujud kita ketika kita mengucapkan pujian untuk-Nya. Bawa dalam i’tidal kita. Dialogkan dalam do’a kita. Syukurilah, sekali pun hanya beberapa saat setelah membaca tulisan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s